bersihkan dispenser agar tidak jadi sarang bakteri

Senin, 05 Desember 2011

Dispenser air minum menjangkau setiap rumah tangga, dan memberikan banyak kemudahan hidup. Namun, orang-orang sering mengabaikan kebersihan dan kesterilan dispenser.

Jika dispenser dalam jangka panjang tidak dibersihkan, tentu akan memberi peluang berkembang-biaknya bakteri, air yang diminun akhirnya tidak sesuai standar kesehatan.
Dispenser air minum harus dibersihkan secara rutin
Pada umumnya galon air diletakkan terbalik di atas dispenser. Melalui selang yang ada dalam dispenser, air disalurkan ke dua tabung panas dan dingin.
Biasanya walau berulang-ulang mengganti galon air, kita mengabaikan fakta bahwa dalam dispenser ada sisa air di tabung dispenser hampir 1000 ml, dan dalam air tersebut bersembunyi bakteri penyebab penyakit.
Lama-kelamaan, dengan sendirinya akan menjadi tempat berkembang-biaknya bakteri.
Dahulu perusahaan dispenser selalu memberikan servis gratis untuk pembersihan dispenser. Namun, karena kurangnya pengetahuan dan peralatan pembersih yang profesional, servis gratis pada umumnya hanya membersihkan bagian fisik, tidak menyentuh pokoknya.
Bahkan untuk menekan biaya servis gratis, banyak di antaranya hanya mengerjakan ala kadarnya, dan demi  mengirit, mereka menggunakan bahan pembersih murah untuk  mensterilkan dispenser, sehingga tidak dapat menjamin kualitas pembersihan.
Dispenser air munum pada dasarnya sudah menyebar ke setiap keluarga, banyak konsumen khawatir alat pemanas biasa tidak dapat memasak air hingga matang, sehingga mereka minum air campuran mentah dan matang.
Minum air yang tidak direbus sampai matang dalam jangka panjang akan membuat tubuh mudah terjangkit bakteri.
Meskipun diminum bersama-sama dengan air matang, tapi bakteri yang ada didalam air mentah sulit dibasmi.
Alat pemanas biasa strukturnya berbeda dengan dispenser dirumah tangga, dispenser yang dipakai dirumah tangga adalah struktur mesin dan galon terpisah, sehingga tidak timbul masalah air ‘yin yang’. (air matang yang tersimpan lama)
Oleh karena itu disarankan bagi keluarga yang menggunakan dispenser, harus membersihkan dan mensterilkan dispenser secara teratur. Karana selain menjamin dispenser dapat bekerja secara normal, juga dapat mengurangi penyebaran bakteri dalam air.

Memilih kemampuan peralatan

Dalam memilih dispenser sangatlah penting untuk mempertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan mesin.
Jika anda tidak suka minuman dingin, setiap hari hanya dibutuhkan untuk menyeduh kopi dan teh, maka beli sebuah dispenser panas sudah cukup.
Jika tinggal di daerah tropis, penggunaan di musin panas lebih banyak, anda tergolong orang yang suka minum dingin, maka belilah dispenser dwifungsi panas dan dingin. Selain itu, masih ada dispenser dengan tiga fungsi, dingin, hangat dan panas, pilihlah berdasarkan kebutuhan.
Dari sekian banyak produk dispenser, bila diringkas tak lebih hanya terdiri dari 3 jenis, yaitu, hangat-panas, dingin-panas, dingin-hangat-panas.
Dispenser dingin-panas terbagi dua macam, dispenser sistem pendingin semikonduktor dan dispenser sistem pendingin kompresor.
Dispenser sistem pendingin kompresor bekerja jauh lebih cepat dibandingkan dispenser sistem pendingin semikonduktor, pasokan air dinginnya juga lebih banyak dibandingkan yang sistem semikonduktor.

Perbandingan Harga

1.  Tipe pendingin, dispenser sistem kompresor harganya 2-3 kali  lebih tinggi daripada
     dispenser sistem semikonduktor.
2. Model, dispenser dengan merk sama ada yang model panggung (duduk) dan yang
model berdiri (berkaki roda). Model panggung atau duduk lebih murah 1/3 dari model
berdiri.

Pembersihan dan perawatan

Dispenser di rumah setelah digunakan dalam jangka beberapa waktu, akan terakumulasi selapis endapan tipis yang sulit dibersihkan. Sebenarnya ada cara yang sederhana dan sehat, anda dapat mencobanya.
Lemon diiris tipis, kemudian letakkan dalam wadah direbus dengan air hingga mendidih selama 2 hingga 3 jam.
Ketika mengganti air dispenser, gunakanlah air lemon yang sudah direbus untuk mencuci dispenser, endapan kotoran bukan saja dengan mudah bisa dibersihkan, juga dalam dispenser akan tertinggal aroma lemon yang harum.
Cara pembersihan yang biasa dilakukan bisa mengikuti langkah di bawah ini.
1.    Cabut steker listrik, angkat tabung galon kosong, buka kran dispenser, agar sisa air dalam rongga dispenser keluar.
2.     Gunakan  penjepit untuk menggenggam kapas yang dibasahi alkohol, dengan seksama membersihkan tabung dalam dispenser dan sisi luar-dalam penutupnya.
3.    Tuangkan disinfektan (obat steril) serba guna ke dalam tabung dispenser, rendamlah selama 10-15 menit.
4.     Buka kran dispenser untuk membuang /mengeluarkan disinfektan.
5.     Bilas seluruh rongga dispenser dengan air bersih, kemudian bukalah semua kran dispenser  untuk membuang air
6.     Gunakan kain lap untuk membersihkan sisi belakang dispenser dimana terdapat saklar on-off.

0 komentar:

Posting Komentar